Jumat, 26 Desember 2008

Tentang remaja

Masa remaja adalah masa yang paling indah

Masa remaja adalah masa yang penuh gejolak

Masa remaja adalah masa penentuan jati diri

Masa remaja adalah masa perubahan sikap

Masa remaja adalah awal dari pendewasaan

Dan remaja adalah tonggak masa depan dari suatu bangsa.

Kehancuran moral remaja hari ini adalah kiasan nasib bangsa di hari mendatang.

Masalah remaja adalah masa datangnya pubertas (sebelas sampai empat belas tahun) sampai usia sekitar delapan belas-masa tranisisi dari kanak-kanak ke dewasa. Masa ini hampir selalu merupakan masa-masa sulit bagi remaja maupun orang tuanya. Ada sejumlah alasan untuk ini:

1. Remaja mulai menyampaikan kebebasanya dan haknya untuk mengemukakan pendapatnya sendiri. Tidak terhindarkan, ini bisa menciptakan ketegangan dan perselisihan, dan bisa menjauhkan ia dari keluarganya.

2. Ia lebih mudah dipengaruhi teman-temannya dari pada ketika masih lebih muda. Ini berarti pengaruh orang tua pun melemah. Anak remaja berperilaku dan mempunyai kesenangan yang berbeda bahkan bertentangan dengan perilaku dan kesenangan keluarga. Contoh-contoh yang umum adalah mode pakaian, potongan rambut atau musik, yang semuanya harus mutakhir.

3. Remaja mengalami perubahan fisik yang luar biasa, baik pertumbuhannya maupun seksualitasnya. Perasaan seksual yang mulai muncul bisa menakutkan, membingungkan dan menjadi sumber perasaan salah dan frustasi.

4. Remaja sering menjadi terlalu percaya diri dan ini bersama-sama dengan emosinya yang biasanya meningkat, mengakibatkan ia sukar menerima nasihat orang tua.

Untuk itu perlu adanya pemahaman jati diri di kalangan remaja. Remaja harus mulai menyadari siapa dirinya dan untuk apa dirinya kelak, apakah ia akan berguna di hari esok baik untuk keluarga, masyarakat dan bangsanya ? Bangkitlah para remaja karena remaja hari ini adalah harapan di hari esok.

Tidak ada komentar:

Struktur Organisasi Transformator Peradaban

Struktur Organisasi Transformator Peradaban